Dengan 6 Resep Tahu-Tempe Ini Dijamin Kamu Tetap Bisa Makan Enak

“Tempe lagi, tempe lagi. Bosen ah..”

“Duh! Akhir bulan fulus tinggal dikit, cuma dapat makan tahu deh.”

Yaelah… masih aja jenuh apalagi nggak gemar sekali sama tempe atau tahu? Padahal, makanan murah meriah ini nggak seharusnya buat kamu bosen lho! Asal kreatif dan tahu bagaimana teknik mengolah serta meracik bumbu, dapat dipastikan bahan baku simpel seperti tempe dan tahu bisa menjadi makanan yang lezat di lidah.

Menurut Judibolawin Sekarang nggak usah kecil hati lagi karena bosen santap tempe atau tahu di akhir bulan, 7 resep olahan yang Hipwee sajikan kali ini bakal sangat menggugah seleramu!

Dengan 6 Resep Tahu-Tempe Ini Dijamin Kamu Tetap Bisa Makan Enak Meski Dompet lagi Memble
Dengan 6 Resep Tahu-Tempe Ini Dijamin Kamu Tetap Bisa Makan Enak Meski Dompet lagi Memble

1. Pingin santap lauk yang beda tapi duit cuma seadanya? Nugget tempe ala rumahan ini dapat jadi solusinya!

Membuat olahan nugget ternyata nggak mesti gunakan daging. Tempe yang cuma ekuivalen 2.500 rupiah ini dapat mewujudkan keinginanmu santap nugget. Ini dia bahan-bahan yang akan kamu butuhkan :

ikan tuna rebus secukupnya (sarden kaleng pun boleh)
tempe yang sudah dihaluskan secukupnya
3 siung bawang merah, haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
garam, lada, minyak goreng secukupnya
2 butir telur
tepung panir secukupnya
Cara membuatnya :

campur tempe, ikan tuna, bawang merah dan putih halus, lada dan garam dalam satu wadah. Aduk sampai rata
masukkan satu butir telur ke dalam adonan, aduk rata
jika telah tercampur semua, masukkan adonan ke wadah kaca atau plastik tahan panas (karena bakal dikukus)
kukus adonan sekitar 30 menit
keluarkan adonan nugget (yang telah mengeras) dan potong-potong dengan pisau berbentuk kotak kecil-kecil
setelah berbentuk potongan-potongan, celupkan ke putih telur kemudian gulingkan ke tepung panir
goreng dalam minyak panas dan angkat andai warna telah kekuningan.
Sajikan selagi hangat dengan saus favorit!

2. Gak hanya daging yang dapat dijadikan steak ala negara barat. Di saat isi kantong sekarat, steak tempe dapat jadi penyelamat!

Kamu nggak butuh repot menggali bahan-bahan untuk menciptakan steak satu ini, kamu melulu perlu menyiapkan :

Untuk steak tempenya :

1 blok tempe (kukus 15 menit, haluskan)
daging ayam potong dadu (sesuai selera)
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1/2 buah bawang bombay sedang (potong kecil)
merica dan garam secukupnya
Untuk sausnya :

2 siung bawang putih
1/2 siung bawang bombay
2 sdm saus tiram
2 sdm kecap inggris
2 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal
1 sdm tempung maizena (larutkan)
garam secukupnya
merica secukupnya
gula secukupnya
Untuk bahan celupnya :

1 butir telur
tepung roti
Yuk langsung pelajari teknik membuatnya :

Steak tempe :

Potong dadu tempe, kukus 15 menit, haluskan dengan garpu
campurkan tempe dengan ayam yang telah dicukur dadu. Masukkan bawang bombay, bawang putih, bawang merah, garam dan merica
bentuk pipih tempe, simpan dalam freezer +- 1 jam
Saus steak :

tumis bawang putih dan bawang bombay. Setelah layu, masukkan saus tiram, kecap inggris, saus tomat, saus sambal, garam, merica dan gula
Masukkan larutan tepung maizena, aduk-aduk dan tambahkan air andai terlalu kental
Step terakhir :

celupkan steak tempe yang telah di freezer ke kocokan telur dan tepung roti. Goreng hingga bewarna keemasan
hidangkan dengan sayuran rebus beserta pelengkap cocok selera.

Nyummmm… siap merasakan steak tempe yang super menarik ini?

3. Bosan sama tahu bulat yang digigit langsung kempes? Masukkan saja bihun dan sayuran sebagai isian di dalamnya.

Sekilas terlihat biasa saja ya? Eits, tidak boleh salah! Setelah kamu sukses membuatnya, anda akan menyadari bahwa tahu bulat isi bihun ini super duper mak nyusss 🙂

Cukup siapkan 1 resep tahu bulat, lantas bahan-bahan ini sebagai isiannya :

200 gram bihun yang sudah matang (cukup diseduh atau rebus sebentar)
potong bihun pendek-pendek
1 buah wortel, dicincang
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 sdt merica
garam secukupnya
seasoning powder secukupnya
100 ml air
1 sdm minyak goreng guna menumis
Berikut teknik mudah membuatnya :

panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum
masukkan air, tambahkan bumbu-bumbu
masak hingga mendidih, masukkan bihun dan wortel
tumis dan aduk hingga air menyusut, angkat dan dinginkan
ambil 1 sdm adonan tahu bulat dan beri 1/4 sdt bahan isian, bulatkan seraya ditekan sampai padat
masukkan adonan tadi dalam kulkas selama 30 menit
panaskan minyak goreng dengan api sedang. Goreng tahu bulat sampai kecoklatan
angkat dan tiriskan
Jangan lupa, sajikan selagi panas dan tambahkan cabai rawit supaya lebih lezat!

4. Brownies tempe bisa dijadikan pilihan camilan sehat! Masukkan ke dalam susunan makanan wajibmu mulai sekarang!

“waaaaawwwww, brownies tempe? rasanya gimana tuh? dapat dicocol sambel pun nggak ya?”

Udah, biasa aja ekspresinya bila tahu bahwa tempe dapat diolah menjadi brownies cokelat yang spektakuler enaknya. Kalau anda kreatif dan telaten, buat brownies tempe ini nggak susah, kok. Asalkan, perangkat dan bahannya anda sediakan secara menyeluruh ya. Kamu dapat intip di artikel ini supaya dapat belajar secara bertahap gimana buat brownies tempe yang enak.

5. Lagi pingin bergaya hidup sehat namun tetep santap enak? Tusuk tahu dan tempe lalu lumuri dengan bumbu sate!

Apa yang terbesit dalam pikiranmu andai mendengar kata “sate” ? Pastinya, identik dengan daging ayam, domba atau sapi dan ……… harganya yang agak mahal gitu. Well, sate yang kali ini beda. Yup! Sate tahu dan tempe. Kamu butuh menyiapkan,

Untuk bahan dasarnya :

tahu dan tempe yang telah digoreng secukupnya
kecap manis secukupnya
minyak goreng secukupnya
tusuk sate secukupnya
Untuk bumbu satenya :

250 gram kacang tanah, digoreng
5 buah cabe merah
15 buah cabe rawit
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
gula merah secukupnya
garam secukupnya
penyedap rasa secukupnya
air matang secukupya
Ini dia langkah-langkah mudahnya :

haluskan seluruh bumbu sate lalu tumis bumbu sampai harum
masukkan air secukupnya, tambahkan gula putih dan merah, garam serta penyedap rasa, aduk sampai rata
jika telah matang, angkat dan pisahkan ke wadah tertentu
potong dadu tahu dan tempe kemudian tusuk
bakar sate di atas panggangan, bolak-balik sampai matang
jika dirasa telah matang, lumuri sate tahu dan tempe dengan bumbu kacang, pun gula dan kecap manis di atasnya
sajikan dengan nasi hangat
6. Tempe oatmeal layak diciptakan di dapurmu. Resep satu ini sesuai untukmu yang suka memasak dan bereksperimen dengan bahan-bahan baru.

“Tempe oatmeal? Emang rasanya nggak mengherankan ya?”

Bahan-bahan yang butuh disiapkan :

1/4 blok tempe
3 sdm tepung tapioka/kanji
3 sdm oatmeal
1 buah wortel parut (sayuran lain cocok selera)
1 butir telur
1/2 sdt garam, gula dan lada
2 siung bawang putih.
Nah, ini cara-cara membuatnya :

lumatkan tempe
campurkan tepung tapioka, oatmeal, wortel parut, garam, gula, bawang putih dan lada. Aduk sampai rata
campurkan telur, aduk rata. Jika masih terlampau cair, dapat tambahkan oatmeal sedikit
siapkan loyang/wadah tahan panas. Olesi dengan minyak
tuang adonan ke loyang, kukus 15-20 menit. Tusuk adonan, andai sudah mengeras, angkat
siapkan bahan pelapis : aduk telur & tepung terigu. Bisa tambahkan tidak banyak garam dan lada
potong-potong adonan yang telah dingin, cocok selera
celupkan adonan pelapis sampai seluruh sisi tertutup adonan pelapis
lumuri dengan breadcumbs sampai tertutup semua
simpan dalam wadah tertutup di freeezer selama 1 jam agar mengeras
goreng dalam minyak sedang.
Tempe oatmeal sayuran ini dapat tahan sampai 2-3 hari, lho. Mau coba?

Jadi, masih jenuh sama tempe atau tahu? Atau justeru jadi penasaran pengen buat olahan-olahan menarik dari makanan merakyat ini? Yuk, bagikan resep olahanmu di kolom komentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *